Fenomena Aphelion Melanda Indonesia Termasuk Banjarbaru

Selamat Pagi Menjelang Siang Warga Banjarbaru, Terkhusus Warga Kelurahan Syamsudin Noor, semoga kita selalu dikaruniai kesehatan yang baik selalu oleh Allah SWT, Amin 🙏.
.
Sudah 2 Hari ini cuaca Banjarbaru yang biasanya diatas 30 derajat Celcius ketika siang hari turun bahkan menyentuh angka 25 Derajat Celcius, Bahkan terlihat awan hitam menggantung tapi tidak turun hujan jua dan cuaca dingin terasa, sebenarnya apa yang terjadi…??
.
Menurut Para Ahli BMG, Saat ini Indonesia sedang mengalami *FENOMENA APHELION* Yaitu saat Bumi Berada di titik terjauh dari Matahari, Sehingga mengakibatkan penurunan suhu di sebagian daerah di permukaan bumi termasuk Indonesia..Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli BMKG Makassar, Kaharuddin mengatakan bumi akan menyelesaikan separuh perjalanan dalam mengelilingi matahari. Fenomena Aphelion ini terjadi karena orbit bumi tidak melingkar dengan sempurna melainkan berbentuk elips. “Dengan bentuk elips ini, mengakibatkan jarak bumi dan matahari bervariasi, sekitar 3 persen sepanjang tahun, , beberapa wilayah di Indonesia mengalami penurunan suhu seperti Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara termasuk sebagian selatan Sumatera, sebagian kalimantan terutama daerah garis khatulistiwa.” katanya awal Juli lalu. Diperkirakan Fenomena ini akan berlangsung sampai pertengahan Agustus 2021.
.
Menurut Dinas Kesehatan Malang, Fenomena ini berdampak bagi penurunan imun tubuh bila tidak dijaga dan bisa memperparah Komorbid (Penyakit Bawaan). Untuk itu dihimbau agar warga menjaga kesehatan dengan asupan gizi yang seimbang, berolahraga teratur, dan mengkonsumsi Suplemen Vitamin Tambahan..Pada Akhirnya hanya pada Allah SWT kita bersujud dan senantiasa memohon perlindunganNya 🤲, Salam Sehat Untuk semua
.
#Banjarbarujuara… Insya Allah Juara 🙏
.
Sumber Berita: Dinas Kesehatan, Instagram Resmi LAPAN, Site BMKG Nasional, dan Tribunnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *